RIFKI ARDANI
XII TKR-B
19
Meskipun musim panas sudah berakhir dan musim penghujan sudah datang, perlu diketahui bahwa perawatan mobil anda harus tetap dilakukan, khususnya sistem pendingin mobil. Meskipun anda tidak akan memakai perlengkapan mobil yang satu ini secara maksimal, Air Conditioning mobil anda masih berguna di musim hujan yang dingin ini, misalnya menjaga sirkulasi udara didalam mobil saat semua jendela tertutup atau menghilangkan embun yang ada di jendela mobil anda.
Air Conditioning (AC) mobil adalah salah satu perangkat wajib mobil saat ini. Kebanyakan orang sangat bergantung pada perangkat ini setiap mereka mengendarai mobil, terlebih lagi ketika matahari memanggang udara sekitar kita. Secara umum memang AC mobil dapat sangat diandalkan untuk menghilangkan gerah di hari yang panas. Namun, hal ini bukan berarti tanpa masalah, atau tidak akan ada saat dimana anda harus melakukan perawatan pada AC mobil anda. Sama seperti perawatan mesin mobil yang harus anda lakukan secara teratur.
Perawatan rutin pada AC mobil penting untuk dilakukan untuk beberapa alasan, termasuk:
Mencegah panas yang berlebih. Ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan pendingin mobil tidak bekerja seperti yang seharusnya termasuk over heat yang sering terjadi pada komponern AC mobil anda dan hal ini bisa menjadi masalah besar yang menjalar ke bagian lain mobil anda, Servis rutin dapat mencegah hal ini terjadi.
Menjaga kebersihan. Kebersihan adalah salah satu faktu yang menentukan kinerja AC mobil. Unit komponen yang bersih menjaga AC mobil bekerja seperti seharusnya. Perawatan rutin akan menjaga selang dan sabuk tetap bersih dan bekerja dengan baik.
Mencegah kerusakan yang lebih parah. Servis rutin yang anda lakukan akan membantu anda menemukan masalah sesegera mungkin dan mencegahnya menjadi semakin rumit dan parah. Lebih cepat anda menemukan dan menyelesaikan kerusakan, semakin awet mobil yang anda miliki.
Ada dua masalah pada sistem pendingin mobil paling umum terjadi. Kadang pendingin mobil tidak mengeluarkan udara dingin, atau sedikit mengeluarkan udara dingin, dan di saat yang lain udara yang keluar terlalu dingin. Kedua kerusakan ini memang menjengkelkan tapi bukan berarti hal ini terjadi karena adanya kerusakan yang parah terhadap sistem AC mobil anda. Namun, masalah ini harus segera diperbaiki dan sumber kerusakan harus segera ditemukan.
Pada masalah diatas, kemungkinan kompresor adalah sumber masalah utamanya. Perlu diketahui jika compressor adalah komponen yang memiliki banderol harga yang paling mahal diantara komponen AC mobil yang lain.
Sistem pendingin mobil cukup rumit dan kadang memerlukan bantuan perawatan dari montir yang berpengalaman dan bengkel yang terpercaya mengingat perangkat ini terdiri atas komponen yang saling berhubungan. Karena kerumitan ini, mungkin anda perlu merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya. Mengingat compressor dibenderol dengan harga yang mahal, mungkin anda akan keberatan jika anda yarus membeli unit kompresor yang baru.
Kerusakan parah pada kompresor membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya. Maka dari itu, lebih mudah dan murah jika anda memperbaiki AC mobil anda saat pertama kali anda menemukan masalah pada pendingin mobil anda dan nantinya kerusakan yang akan timbul dapat diminimalisasi dan tidak menjalar ke komponen mobil anda yang lain. Jika tidak yakin anda bisa mengetahui letak kerusakannya atau cara memperbaikinya, lebih baik anda segera menemui montir profesional.
Cara Memperbaiki AC Mobil
Pernahkah anda kepanasan di dalam mobil karena AC rusak? Ini petunjuk singkat tentang cara kerja AC, mengapa AC rusak, dan apa yang bisa anda lakukan.
Memahami AC Mobil
Ketahuilah, AC sebenarnya mirip kulkas, hanya tampilannya berbeda. AC didesain untuk memindahkan panas dari satu tempat (dalam mobil anda) ke tempat lain (di luar). Kita tidak akan membicarakan setiap jenis AC pada setiap merk mobil di sini, namun penjelasan tentang AC disini akan memberikan pemahaman bagi anda untuk bisa berbicara dengan jelas kepada mekanik AC sesungguhnya.
Memahami komponen utama AC mobil:
Kompresor: Mengkompresi dan mensirkulasikan zat pendingin di dalam sistem AC
Freon: pada mobil modern, freon menggunakan jenis R 134a, dan pada mobil lama menggunakan freon R 12, yang sekarang makin mahal dan langka, juga membutuhkan ijin untuk penjualannya. Freon tugasnya menghilangkan hawa panas.
Kondensor : untuk merubah bentuk freon dari gas menjadi cair dan menlenyapkan hawa panas dari mobil.
Katup expansi : bertugas menjadi semacam pentil yang berfungsi me nurunkan tekanan cairan freion, mengukur alirannya dan mengatomisasinya.
Evaporator: Bagian ini mendinginkan udara yang disemburkan melaluinya, sehingga udara menjadi dingin.
Receiver/dryer: Ini berfungsi sebagai filter freon / oli, menghilangkan kelembaban dan kotoran lain.
Memahami proses pendinginan udara. Pada intinya, kompresor menekan frion dan mengirimnya ke sirip pengembun. Umumnya sirip ini terdapat di bagian depan radiator mobil anda.
Menekan gas akan membuatnya panas. Dalam kondensor, panas akan bertambah, dan panas yang ditangkap pleh freon akan dikeluarkan ke udara luar. Saat suhu freon menurun ke titik saturasinya, freon akan berubah ujud dari gas menjadi cair. Cairan kemudian mengalir melalui katup expansi, menuju evaporator, dan bagian cair dari ffreon akan menyerap panas dari udara melalui sirip-sirip dan menguapkannya.
Blower AC meniupkan udara melalui evaporator yang dingin menuju interior mobil anda. Freon kembali ke siklus pendinginan awal
Memperbaiki AC
Lihat apakah freon bocor (artinya tidak ada zat yang menyerap panas).Kebocoran mudah dideteksi tapi tidak mudah diperbaiki tanpa membongkarnya. Kebanyakan toko suku cadang mobil menyediakan cairan pewarna yang bisa ditambahkan ke dalam sistem untuk mendeteksi kebocoran, dan ada petunjuk pada kalengnya. Jika kebocoran cukup besar, sistem tidak memiliki tekanan yang cukup untuk bekerja. Cari pentil bagian bawah dan periksa tekanannya.
Jangan gunakan apapun untuk menusuk pentil untuk melihat apakah ada gas yang keluar, ini tidak diijinkan. ini disebut venting.
Pastikan kompresor berputar.
Nyalakan mesin dan AC, periksa di bawah kap mesin. Kompresor ac biasanya benda berbentuk pompa yang pada sisinya ada slang besi dan karet menuju kepadanya. Mungkin tidak ada penutup, tapi ada dua katup berbentuk pentil sepeda. Puli di bagian depan kompresor adalah puli bagian luar dan sambungan bagian dalam yang akan berputar saat AC dinyalakan.
Jika AC dan blower menyala, tapi bagian tengah dari puli tidak berputar artinya kompresor tidak berputar. Ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus, masalah perkabelan, switch AC yang rusak, atau sistem kekurangan Freon. Pada umumnya sistem AC memiliki sistem pengaman yang akan memutuskan arus jika freon tidak cukup.
Lihat bagian lain yang mungkin kurang benar. Masalah lain yang mungkin terjadi pada AC adalah saklar yang rusak, sekring putus, kabel putus, fanbelt putus (mengakibatkan kompresor tidak berputar), atau kerusakan seal di dalam kompresor.
Rasakan apakah ada udara dingin. Jika ada udara dingin namun hanya sedikit, mungkin ini disebabkan hanya karena tekanan yang kurang, dan anda bisa menambahkan freon. Biasanya toko suku cadang menyediakan freon beserta petunujuk pengisiannya. .
Jangan isi terlalu banyak! Menambahkan freon melebihi rekomendasi tidak akan menambah kemampuan pendinginannya, tapi malahan akan menguranginya. Sebenarnya, dengan alat yang lebih mahal pada bengkel AC akan memonitor kondisi sebenarnya pada AC anda saat menambahkan freon. Saat pendinginan berkurang, kurangi tekanannya sampai kemampuannya meningkat lagi.
Tips
• Jika anda mencurigai adanya kabel yang rusak, pada umumnya kompresor memiliki kabel yang mengarah ke switch elektrik. Cari konektor pada kabel itu dan lepaskan. Ambil kabel secukupnya, hubungkan kabel dari kompresor ke terminal plus (+) pada aki anda. Jika anda mendengar suara TAK, switch elektrik tidak rusak, dan anda harus memeriksa perkabelan pada sisi mobil anda. Jika anda tidak mendengar apapun, switch elektrik artinya telah rusak harus diganti. Idealnya, jika anda bisa melakukan tes ini saat mesin menyala, anda bisa melihat apakah kompresor berputar. Hati hati dengan jari atau baju anda jangan sampai terkena bagian berputar. Dengan demikian, kerusakan bisa dipastikan bukan berasal dari switch, tapi mungkin disebabkan karena belt kendur dan licin sehingga tidak dapat memberikan tekanan yang cukup.
• Freon yang mungkin anda perlukan adalah HC12 yang sedikit lebih banyak dipakai di Eropa. R12 berfungsi lebih baik daripada R12 atau R134a. Ini lebih mudah terbakar. HC12a tidak diijinkan di banyak negara bagian Amerika, termasuk Arkansas, Arizona, Connecticut, Florida, Idaho, Iowa, Indiana, Kansas, Louisiana, Maryland, Montana, Nebraska, North Dakota, Oklahoma, Texas, Utah, Virginia, Washington, Wisconsin, dan Distrik Columbia. HC12a lebih ramah lingkungan dibandingkan R12 atau R134a, namun karena HC12a mengandung hidrokarbon, ini bisa menimbulkan emisi VOC. Freon jenis ini harus dipesan melalui internet karena tidak tersedia pada toko. Masalahnya adalah bengkel AC mungkin tidak bisa mengerjakannya karena membutuhkan alat khusus. Mengunakan R12 atau R134a adalah pilihan yang lebih aman.
• Kadang-kadang masalahnya bukan pada freon. Mungkin ada masalah dengan radiasi panas yang berasal dari ruang mesin, yang menurunkan kemampuan AC untuk mendinginkan. Anda bisa mencoba menyekat / membungkus slang pendingin AC di dekat mesin untuk mengurangi pengaruh panas mesin terhadapnya.
• Jika AC mobil anda bocor meskipun pipa pembuangan bersih, mungkin ada air yang memasuki sistem AC saat mengemudi dalam hujan.
• Akan ada sedikit oli pada sistem anda.
Peringatan
• Memeriksa freon dengan menekan pentil untuk melihat gas yang keluar adalah illegal karena melepaskan gas yang berbahaya kedalam udara. (Jangan sampai anda lakukan dengan R 12!) Meskipun legal untuk menambah sistem yang bocor, anda harus yakin dengan peraturan daerah anda. Beberapa area memiliki hukum yang melarang hal ini karena emisi yang ditimbulkan. Mengeluarkan freon, termasuk R134a, juga illegal di Amerika, jadi patuhilah.
• Jika anda memiliki alasan untuk mencurigai bahwa freon anda bocor seluruhnya (pengukur tekanan yang anda beli di toko suku cadang menunjukkan 0 PSI; kompresor tidak akan berputar karena ia mendeteksi tidak adanya tekanan), maka lebih baik anda serahkan pada ahlinya kecuali anda telah mahir. Namun jika anda membaca artikel ini, artinya anda bukan seorang ahli. Alasannya adalah, freon yang bocor seluruhnya tidak dapat mencegah udara dan kelembaban untuk memasuki sistem melalui celah kebocorannya. Udara dan kelembaban adalah musuh utama sistem AC. Bagaimana hal ini bisa merusak sistem adalah di luar cakupan dari artikel ini, namun sudah bisa dikatakan, tidak boleh ada udara atau kelembaban di dalam saluran ac. Dryer harus diganti, karena dalam hal ini dryer pasti telah menyerap kelembaban dan tidak berfungsi lagi, dan sebelum anda menggantinya, sistem harus di vacuum dulu untuk mengeluarkan semua udara dan kelembaban dari dalamnya. Biarkan ahli AC yang melakukan hal ini, dan anda cukup hanya membayar biaya perbaikan kebocoran. Namun jika anda mencoba memperbaikinya sendiri, anda mungkin harus melakukannya lagi beberapa bulan kemudian, juga kerusakan kompresor, kondensor, katup expansi, bisa juga rusak karenanya.
• Jauhi kebocoran besar freon. Pada saat ini memancar, akan menimbulkan udara yang sangat dingin yang bisa membekukan kulit anda.
• Hati hati saat menguban sistem anda dari R12 menjadi R134a. Ada kit konversi yang harus anda beli di toko, mungkin juga di WalMart, disebut "black Death Kits" oleh para mekanik AC. Seringkali, freon R134a baru tidak bisa bekerja dengan oli lama dan akan membuat kompresor anda terbakar. Oli oada sistem dengan R12 mengandung klorin yang akan menghancurkan oli PAG atau POE pada sistem dangan freon R134a. Satu-satunya cara adalah dengan mengganti keseluruhan oli yang terdapat di dalam kompresor, ganti Dryer, dan bilas semua saluran, evaporator dan kondensor dengan alat khusus den kemudian divacuum, dan isikan R134a sekitar 70-80% berat dari R12, dan kondisi pendinginan yang lebih buruk dari R12. Lebih mudah untuk tetap menggunakan R12 dengan membelinya melalui eBay. Anda perlu ijin untuk membeli/menjual R12.
Ketahuilah bahwa peringatan diatas mungkin kontroversial. Beberapa mekanik ac mengklaim bahwa mereka bisa mengkonversi tanpa masalah.
• Hati hati terhadap kipas dan belt yang berputar!
• Anda mungkin tidak bisa menemukan bengkel yang akan hanya mengisi freon, jika mereka menduga ada kebocoran pada sistem anda. Jika anda memperbaiki kebocoran sendiri, adalah legal untuk mengisi freon dengan R134a, namun tidak dengan R12. Namun ijin untuk membeli R12 tidak susah, via online dan hanya berbiaya sekitar Rp.260.000
• Jangan hubungkan kaleng freon, atau kaleng detektor kebocoran melalui jalur tekanan tinggi pada sistem. Ini biasanya ditandai dengan tanda H atay HIGH atau dengan tutup pentil merah. Kaleng bis meledak dan menyakiti anda.
• HC12 dan R-134A tidak bisa terbakar pada suhu ruangan, tapi bisa menimbulkan tekanan dan suhu tinggi dalam kondisi tertentu (kontak dengan beberapa metal reaktif). Keduanya juga menyerap oksigen, jadi jangan lepaskan ke udara dalam ruangan sempit tanpa ventilasi.